Sumberahayu - MUSDES PEMBENTUKAN RUMAH DESA SEHAT (RDS) DESA SUMBERAHAYU UNTUK MEWUJUDKAN KUALITAS KESEHATAN MASYARAKAT

MUSDES PEMBENTUKAN RUMAH DESA SEHAT (RDS) DESA SUMBERAHAYU UNTUK MEWUJUDKAN KUALITAS KESEHATAN MASYARAKAT

Rumah Desa sehat adalah sekretariat bersama bagi para penggiat pemberdayaan masyarakat dan pelaku pembangunan Desa dibidang kesehatan, yang berfungsi sebagai ruang literasi kesehatan, pusat penyebaran informasi kesehatan dan forum advokasi kebijakan dibidang kesehatan.

Sumberahayu - Jumat (08/04/2022) Musyawarah Desa Pembentukan Rumah Desa Sehat (RDS) dilaksanakan di Balai Desa Sumberahayu. Segenap Tim Kesehatan Desa Sumberahayu yang terdiri atas Kader Kesahatan, Kader Posyandu dan tim pendamping keluarga mengikuti acara Musdes Pembentukan Rumah Desa Sehat bersama dengan Pendamping Desa, Kepala Desa beserta perangkat desa, Ketua TP PKK, Kader Pembangunan Manusia, BPD, Ketua RT dan RW serta tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Sumberahayu Bapak Bahtiyar Efendi menyampaikan dengan dibentuknya rumah desa sehat (RDS) diharapkan dapat mengatasi persoalan kesehatan masyarakat terutama pada pencegahan stunting, pencegahan penyakit menular dan tidak menular. Seluruh elemen Tim Kesehatan Desa Sumberahayu harus mau dan siap sedia menjadi bagian dari RDS demi peningkatan taraf hidup sehat masyarakat Desa Sumberahayu.

Disampaikan pula oleh Bapak Arif selaku pemateri sekaligus Pendamping Desa bahwa Rumah Desa Sehat ini hendaknya dijadikan wadah untuk mengatasi hal-hal kesehatan terutama pada kasus stunting atau tumbuh kembang anak yang mengalami masalah kekurangan gizi. Desa Sumberahayu sendiri menurut pendataan terdapat beberapa anak yang mengalami stunting, sehingga setelah terbentuknya pengurus Rumah Desa Sehat diharapkan segera mengatasinya dan mencari solusi sesuai dengan prosedur yang diberikan oleh pihak-pihak yang terkait.

Acara diakhiri dengan pembentukan pengurus Rumah Desa Sehat (RDS), dan terpilih Nurul Alfiah sebagai ketua yang sekaligus merupakan Kader Pembangunan Manusia (KPM).


Dipost : 08 Juni 2022 | Dilihat : 1010

Share :

s