Sumberahayu - POSYANDU REMAJA DESA SUMBERAHAYU

POSYANDU REMAJA DESA SUMBERAHAYU

Sumberahayu - Bidan Desa Sumberahayu Yudhisti Dian Pertiwi, S.SiT bersama karang taruna desa dan dibantu oleh mahasiswa KKN UPGRIS Semarang kembali menggiatkan kegiatan posyandu remaja yang sempat vakum akibat pandemi covid 19, Selasa (14/02/2023).

Bidan desa Sumberahayu mengapresiasi kegiatan posyandu remaja kali ini dapat dihadiri sebanyak 30 remaja. Beliau juga menjelaskan bahwa kegiatan posrem merupakan bentuk upaya kepedulian terhadap remaja khususnya remaja Desa Sumberahayu terkait permasalahan remaja serta dapat memantau kesehatan remaja secara berkala, mengedukasi remaja untuk hidup sehat, menurungkan angka pernikahan dini, dan membekali remaja untuk mempersiapkan masa depan menuju generasi berencana yang kreatif dan berkualitas. 

Posyandu remaja merupakan salah satu kegiatan berbasis kesehatan masyarakat khusus remaja, untuk memantau dan melibatkan mereka demi peningkatan kesehatan dan keterampilan hidup sehat secara berkesinambungan. 

Posyandu remaja menerapkan sistem 5 meja, yaitu: Meja pendaftaran atau registrasi, Meja pemeriksaan berat-badan, ukur tinggi-badan dan tensi, Meja pencatatan buku panduan, Meja penyuluhan gizi dan kesehatan, serta Meja KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi).

Adapun manfaat Posyandu Remaja:

  1. Memperoleh pengetahuan tentang kesehatan tersebut mencakup kesehatan reproduksi remaja, masalah kesehatan jiwa, menanggulangi penyalahgunaan NAPZA, pemenuhan gizi, aktivitas fisik, pencegahan penyakit tidak menular, dan kekerasan pada remaja.
  2. Membekali remaja keterampilan hidup sehat diharapkan dapat membantu para remaja membentuk pribadi yang lebih baik dan berprinsip.
  3. Sebagai sarana sosalisasi remaja bertemu dengan teman sebaya, mengobrol dan bertukar pikiran, saling memberikan motivasi dan sugesti positif untuk perkembangan psikologis remaja.

Posyandu remaja tidak lepas dari peran serta dukungan Kepala Desa, Perangkat Desa, Bidan Desa, Karang Taruna serta peran orang tua.

 

REMAJA SEHAT WUJUDKAN GENERASI MILENIAL


Dipost : 27 Februari 2023 | Dilihat : 1875

Share :