Sumberahayu - IDUL ADHA "BENTUK TERTINGGI PENGORBANAN DAN KETAATAN"

IDUL ADHA "BENTUK TERTINGGI PENGORBANAN DAN KETAATAN"

10 Dzulhijjah 1445 Hijiriah, umat Muslim di seluruh dunia merayakan Hari Raya Idul Adha. Idul Adha merupakan puncak ibadah Haji yang dilaksanakan di makkah. Kata Idul Adha berasal dari bahasa Arab, ‘Id yang berarti ” perayaan ” dan Adha yang berarti ” kurban ”. Secara hafis, idul Adha berarti ” HARI RAYA QURBAN ”, oleh sebab itu masyarakat sering menyebut Idul Adha sebagai Hari Raya Kurban atau lebaran Haji.

Hari penuh makna ini memperingati kisah pengorbanan Nabi Ibrahim a.s. yang diperintahkan oleh Allah SWT untuk mengorbankan putranya Ismail a.s, sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT.

Setiap kita adalah Ibrahim, Nabi Ibrahim a.s punya Nabi Ismail a.s…

Ismailmu mungkin jabatanmu. Ismailmu mungkin gelarmu.

Ismailmu mungkin egomu. Ismailmu adalah sesuatu yang engkau sayangi dan kau pertahankan didunia ini.

Nabi Ibrahim tidak diperintah Allah SWT untuk membunuh Nabi Ismail. Nabi Ibrahim hanya diminta Allah SWT untuk membunuh rasa “kepemilikan” terhadap Nabi Ismail, karena hakikatnya semua adalah milik Allah SWT. Banyak hal yang kita rasa sudah menjadi bagian hidup kita, namun ternyata harus dilepas.

Perayaan ini juga menjadi momentum untuk merefleksikan nilai-nilai pengorbanan, ketaatan, dan kepedulian sosial.

Dalam perayaan ini, umat Muslim melaksanakan ibadah qurban dengan menyembelih hewan seperti sapi, kambing, atau domba. Desa Sumberahayu yang terbagi menjadi 2 dusun yaitu dusun Sumberahayu terdapat hewan qurban sebanyak 2 ekor sapi dan 21 ekor kambing dan domba. Sedangkan di dusun Wonokerso hewan qurban sebanyak 1 ekor sapi dan 14 ekor kambing dan domba.

Daging dari hewan qurban kemudian dibagikan kepada masyarakat, sebagai wujud nyata dari kepedulian sosial dan solidaritas antar sesama. Pembagian daging qurban juga mengajarkan pentingnya berbagi dan membantu sesama, terutama bagi mereka yang kurang mampu.

Semoga perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah ini dapat mempererat tali silaturahmi, meningkatkan kepedulian sosial dan menumbuhkan semangat untuk selalu bersyukur dan berbagi kepada sesama. 


Dipost : 21 Juni 2024 | Dilihat : 53

Share :