Sumberahayu - MAHASISWA KKN UPGRIS KELOMPOK 105 TANAM BIBIT POHON KELAPA BERSAMA PEMDES SUMBERAHAYU

MAHASISWA KKN UPGRIS KELOMPOK 105 TANAM BIBIT POHON KELAPA BERSAMA PEMDES SUMBERAHAYU

Sumberahayu - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 105 Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) di Desa Sumberahayu, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal menggelar kegiatan penanaman pohon Kelapa bersama Pemerintah Desa Sumberahayu, Senin (13/2/2023).

Penanaman pohon dilaksanakan untuk penghijauan serta keindahan karena lokasi penanaman berada pada kawasan wisata desa. Selian itu juga untuk mengamankan mata air dan menjaga tanah agar tidak longsor.

Pemilihan tanaman pohon Kelapa karena Pohon kelapa dikenal sebagai tumbuhan paling serbaguna. Sebagian besar memang lebih mencari kenikmatan dari daging buah dan air kelapa. Tapi di balik itu, terdapat manfaat yang tersembunyi lainnya. Akar pohon kelapa bermanfaat baik dalam mencegah abrasi, mencegah banjir, serta pemecah gelombang pantai. Batangnya yang kokoh memiliki tekstur yang kasar dan dan berserat bermanfaat Pengganti kayu konstruktif. Batang kelapa dengan kerapatan tinggi bisa diolah untuk pembuatan furnitur, komponen bangunan rumah, hingga balok lantai. Daunnya dipakai sebagai atap rumah setelah dikeringkan.

Daun muda kelapa, disebut janur, dipakai sebagai bahan anyaman dalam pembuatan ketupat atau berbagai bentuk hiasan yang sangat menarik, terutama oleh masyarakat Jawa dan Balidalam berbagai upacara, dan menjadi bentuk kerajinan tangan yang berdiri sendiri (seni merangkai Janur). Tangkai anak daun yang sudah dikeringkan, disebut lidi, dihimpun menjadi satu menjadi sapu.

Buah kelapa adalah bagian paling bernilai ekonomi. Sabut bagian yang berupa serat-serat kasar, diperdagangkan sebagai bahan bakar, pengisi jok kursi, anyaman tali, keset, serta media tanam bagi anggrek. Tempurung atau batok, dipakai sebagai bahan bakar, pengganti gayung, wadah minuman, dan bahan baku berbagai kerajinan tangan.

Kepala Desa Sumberahayu Bapak Bahtiyar Efendi mengapresiasi kepedulian mahasiswa terhadap kelestarian lingkungan terutama di Desa Sumberahayu.


Dipost : 22 Februari 2023 | Dilihat : 355

Share :