Sumberahayu - REMBUK STUNTING DESA SUMBERAHAYU TAHUN 2023

REMBUK STUNTING DESA SUMBERAHAYU TAHUN 2023

Sumberahayu - Rembuk stunting dilakukan melalui diskusi terarah untuk mendapatkan komitmen desa dan menyepakati kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan untuk memastikan konvergensi baik yang akan dilakukan pada tahun berjalan maupun untuk dimasukkan dalam RKPDesa tahun berikutnya.

Kegiatan Rembuk Stunting Desa Sumberahayu dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 22 Juni 2023 bertempat di Balai Desa Sumberahayu Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. Kegiatan ini dihadiri oleh Kader Pembangunan Manusia (KPM), Kepala Desa beserta Perangkat Desa, Kasi Pemberdayaan Masyarakat kecamatan, Pendamping Desa, Pengurus Rumah Desa Sehat (RDS), Bidan Desa, Ketua BPD beserta Anggota, Kader Kesehatan, Pendamping Lokal Desa, Babinsa serta Bhabinkamtibmas.

Dalam paparannya bapak Arif Purnomo Sidi sebagai pendamping lokal desa menjelaskan bahwa rembuk stunting merupakan kegiatan penting yang harus dilakukan untuk mengkonsolidasi usulan-usulan kegiatan berdasarkan data hasil pemetaan lima paket layanan yang telah dikumpulkan oleh Kader Pembangunan Manusia (KPM).  

Sedangkan ibu Nurul Alfiah selaku Kader Pembagunan Manusia (KPM) menjelaskan tentang aplikasi eHDW sebagai alat bantu kerja Kader Pembangunan Manusia (KPM) melakukan pendataan sasaran rumah tangga 1.000 Hari Pertama Kehidupan (KPK) dan Pemantauan 5 (lima) paket layanan pencegahan stunting di Desa dengan mudah. Tidak jarang masyarakat menganggap kondisi tubuh pendek merupakan faktor genetika dan tidak ada kaitannya dengan masalah kesehatan. Faktanya, faktor genetika memiliki pengaruh kecil terhadap kondisi kesehatan seseorang dibandingkan dengan faktor lingkungan dan pelayanan kesehatan. Biasanya, stunting mulai terjadi saat anak masih berada dalam kandungan dan terlihat saat mereka memasuki usia dua tahun.

Kendala yang perlu mendapat perhatian khusus adalah tentang pola asuh orang tua. Kader Pembangunan Manusia (KPM) beserta Kader Kesehatan secara rutin memberikan penyuluhan, pemahaman dan pengarahan tentang pola asuh serta membuka sesi konseling tentang tumbuh kembang anak. Namun hanya sedikit orang tua yang memahami dan tidak memanfaat sesi konseling tersebut, sehingga tidak jarang orang tua masih saja abai terhadap tumbuh kembang anak.


Dipost : 17 Juli 2023 | Dilihat : 282

Share :