Sumberahayu - BKKBN PROV. JAWA TENGAH GELAR SOSIALISASI SISTEM REGISTRASI RUMAH DATA KEPENDUDUKAN

BKKBN PROV. JAWA TENGAH GELAR SOSIALISASI SISTEM REGISTRASI RUMAH DATA KEPENDUDUKAN

Dalam rangka menyikapi isu-isu strategis pemenuhan kebutuhan data yang menjadi basis perencanaan dan pelaksanaan pembangunan kependudukan, maka pada tanggal 19 s.d 20 Juni 2024 Tim Kerja Pengendalian Kependudukan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah telah melaksanakan kegiatan “Sosialisasi Sistem Registrasi Rumah Data Kependudukan”. Bertempat di Gets Hotel Semarang, Jl. MT. Haryono No. 312-316 Sarirejo, Kec. Semarang Timur.

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan 15 Kab/Kota di Jawa Tengah, salah satunya adalah Kabupaten Kendal dengan 1 orang perwakilan OPD dan 6 orang perwakilan yaitu dari Kec. Weleri, Kec. Kaliwungu, Kec. Patebon (2 orang), Kec. Sukorejo dan Kec. Limbangan yang diwakili oleh sdri Anisa Munasifah sebagai Kader RDK Desa Sumberahayu.

Rangakaian kegiatan dibuka oleh Ketua Tim Kerja Pengendalian Kependudukan BKKBN Provinsi Jawa Tengah bapak Heri Kusyanto, S.Kom, M.Sc dan dilanjutkan penyampaian laporan penyelenggaraan kegiatan, sambutan serta arahan oleh panitia.

Pemaparan materi yang pertama disampaikan oleh Ketua Tim Pengendalian Kependudukan BKKBN Prov. Jawa Tengah mengenai Pengelolaan Rumah Dataku berbasis teknologi Informasi. Rumah DataKu merupakan kelompok kegiatan (poktan) Masyarakat yang melaksanakan kegiatan pengumpulan, verifikasi, analisis, penyajian serta pemanfaatan data kependudukan dan keluarga serta Pembangunan ditingkat desa/kelurahan.

Materi selanjutnya yaitu mengenai prekatek pengumpulan, analisis, dan pemanfaatan berbagai data oleh dosen Universitas Diponegoro Semarang Bapak Arief Rachman Hakim, S.Si, M.Si. dan dilanjutkan dengan teknis dan praktek aplikasi Rumah DataKu yang dipandu oleh Tim Kerja Dalduk.

Seluruh rangkaian kegiatan sosialisasi sistem registrasi rumah data kependudukan diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta.

https://linktr.ee/dalduk2024


Dipost : 20 Juni 2024 | Dilihat : 30

Share :